Marketing Revolution
Posted: Jumat, 01 Mei 2009 by R. Anang Tinosaputra in Label: The Meaning of Marketing
0
Prinsip dasar pemasaran yang sangat penting adalah show me the money ...
Anda pernah mendengar nama Pablo Picasso. Seorang pelukis besar yang berhasil menciptakan karya-karya hebat dan dikagumi hingga sekarang. Dan yang lebih penting dan menarik bagi saya adalah ia berhasil menjual begitu banyak lukisan dengan harga tinggi, yang akhirnya mampu menjadikannya pelukis terkaya pada zamannya.
Pelajaran pentingnya adalah, tidak peduli seberapa bagus produk kita, tidak peduli sampai kita memotong telinga (seperti yang dilakukan pelukis lainnya, Vincent Van Gogh), tetapi kalau kita tidak tahu cara menjualnya, maka produk atau diri kita tidak akan laku. Maka, seni cara menjual sangatlah penting untuk kita pelajari dan praktekkan hingga mampu membawa keberhasilan yang dahsyat dalam usaha kita.
Marketing Revolution yang ditawarkan oleh Tung Desem Waringin, diantaranya juga mengajarkan mengenai apa dan bagaimana kita mengukur efektifitas dari segala aktifitas pemasaran kita, sehingga mempermudah kita untuk dapat mengetahui aktifitas mana yang paling efektif dalam peningkatan hasil (profitability) perusahaan kita, bagaimana cara agar kita mampu memasarkan atau menjual produk kita dengan hasil yang sangat memuaskan. Dan prinsip dasar pemasaran adalah show me the money ... Sehingga kita akan dapat mengetahui dengan lebih rinci, berapa besar biaya yang kita keluarkan dan berapa besar hasil yang kita peroleh. Dalam berbagai pengamatan saya, banyak orang yang bertanggung jawab dalam bidang marketing (terlebih perusahaan-perusahaan kecil) sangat jangan, bahkan tidak pernah mengukur tingkat efektifitas strategi marketing yang dilakukannya tersebut. Banyak dari mereka misalnya, mencetak brosur dalam jumlah dan biaya yang besar, namun dari brosur tersebut mereka tidak tahu berapa hasil yang akan didapatkan. Atau mereka dengan gencar memasang iklan di berbagai media massa, tetapi merekapun tidak mengetahui berapa hasil yang didapatkan dengan pembuatan iklan-iklan tersebut.
Di dalam perjalanan hidup, bisnis dan pekerjaan, saya seharusnya selalu belajar dari para tokoh terkenal dunia yang sukses dan perusahaan-perusahaan besar dunia yang sudah terbukti bertahan selama berpuluh-puluh tahun. Oleh karena itu selalu timbul pertanyaan-pertanyaan besar dalam diri saya, bagaimana mereka bisa terus bertumbuh dengan dahsyat hingga berpuluh-puluh tahun? Kini kita bisa mulai menganalisa, apakah pada waktu perusahaan-perusahaan besar, seperti McDonald's, General Electric, dan Coca Cola berdiri, ditentukan terlebih dahulu apa yang menjadi visi, misi, dan nilai-nilai perusahaannya, ataupun analisa SWOR-nya? Ternyata mereka tidak menerapkan marketing traditional seperti ini. Mereka menerapkan suatu marketing dengan sistem bottom up bukan top down, yang artinya adalah dari taktik terlebih dahulu baru menuju strategi.
Seperti contohnya Coca Cola. Pada awalnya bisa membuat resep minuman yang bagus dan ternyata berhasil, baru kemudian dibuatkan grand strategy-nya yang begitu besar. Demikian pula halnya dengan McDonald's, yang pada mulanya merupakan restoran fastfood yang sangat cepat dalam hal penyajiannya, yang salah satu rahasia kesuksesannya adalah bisa memasak kentang dengan sangat renyah. McDonald's mempunyai taktik bagaimana memasak kentak dengan hasil begitu renyahnya dalam waktu cepat, fresh, dan terasa sangat enak sekali. Setelah semua kelebihan tersebut menonjol, kemudian baru dibuatkan grand strategy-nya yang jauh lebih besar lagi baik dari semua sistem, dan berbagai aspek lainnya. Hingga akhirnya McDonald's dibeli oleh Roy Crock dari tangan McDonlad's bersaudara. Dan selanjutnya Roy Crock mengembangkannya dengan dahsyat luar biasa secara bertahap.
Kitapun juga bisa mengembangkan pemasaran perusahaan dengan mengambil inspirasi dari strategi yang telah dilakukan oleh beberapa perusahaan besar tersebut, namun harus selalu diingat, semua membutuhkan proses. Orientasinya memang hasil, namun keindahan terletak pada proses. Oleh karena itu, apapun strategi yang ingin kita lakukan, pastikan selalu di-monitoring, diukur tingkat keberhasilannya, dan selalu pastikan juga bahwa semua itu memenuhi prinsip show me the money.
Selamat mencoba!!!